Obat Herbal Ladyfem Mengatasi Miom, Kista & Keputihan

Begini Cara Nenek Moyang Kita Mengatasi Keputihan Gatal dan Berbau

Advertisements

Nenek moyang atau yang biasa kita sebut sesepuh kita merupakan orang yang sangat paham akan pentingnya kesehatan bagi tubuh, mereka menggunakan bahan yang naturaldan tradisional dalam mengobati setiap penyakit yang di alaminya, tidak terkecuali penyakit keputihan. Berikut akan dibahas cara nenek moyang kita mengatasi keputihan gatal dan berbau.

Definisi Keputihan Pada Wanita ?

Penyakit keputihan (flour albus) pada wanita merupakan reaksi abnormal pada organ intim wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disetai dengan gejala gatal di dalam organ intim wanita dan di sekitar bibir organ intim wanita. Keputihan ini disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. Infeksi pada organ intim wanita ini akan menjalar dan menimbulkan rasa pedih saat penderitanya buang air kecil.

Sebenarnya cairan yang keluar dari organ intim belum tentu bersifat abnormal, meskipun biasanya pada keadaan normal dan rileks, organ intim tidak mengeluarkan cairan. organ intim wanita memiliki sistem perlindungan alami yang ampuh, yakni tingkat keasaman yang lebih tinggi dari jaringan lainnya dan adanya Doderleins si mikroba pelindung. Mikroba inilah yang menjaga keseimbangan ekosistem organ intim wanita. Akan tetapi beberapa hal seperti menstruasi, penyakit kencing manis, serta pemakaian obat-obatan hormonal dapat mengganggu keseimbangan ekosistem itu.

Adapun keputihan yang bukan merupakan penyakit dapat saja terjadi pada setiap wanita. Keputihan yang normal dapat ditandai dengan melihat apakah cairan yang keluar tidak berwarna, bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Cairan ini bisa saja sedikit, bisa juga banyak. Biasanya terjadi setelah masa haid, saat terangsang secara seksual, atau ketika sedang stres. Keputihan juga normal terjadi pada wanita yang sedang hamil, selama cairan yang keluar tidak berlebihan.

Keputihan yang bersifat patologis ditandai jika cairan yang keluar dari organ intim wanita tidak bening, berwarna putih kekuningan; keabuan hingga kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir, menimbulkan gatal, serta keluar dalam jumlah banyak.

Jadi, tidak masalah jika Anda mengalami keputihan yang normal. Tetapi bagaimana jika yang Anda alami adalah keputihan abnormal?

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami

Jika Anda sudah terlanjur terkena keputihan, segeralah diobati. Anda bisa mencoba menggunakan obat alami menghilangkan keputihan rekomendasi boyke

Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional yang bisa Anda racik untuk mengobati keputihan:

– Daun Sirih

Cuci bersih 10 lembar daun sirih yang masih bertangkai. Rebus dengan 2,5 liter air hingga air berkurang menjadi 2 liter. Diamkan hingga rebusan sirih tersebut dingin, untuk kemudian digunakan sebagai bilasan setelah Anda buang air kecil. Lakukan berulang-ulang hingga bersih. Walaupun keputihan sudah sembuh, ramuan ini tetap bisa digunakan untuk menjaga organ intim Anda tetap sehat.

– Tapak Liman

Rebus seruluh bagian pohon tapak liman (akar hingga daun) dengan 2 gelas air hingga air menjadi 1 gelas. Diamkan hingga dingin kemudian diminum dua kali sehari. Minumlah ramuan ini hingga keputihan hilang.

– Biji Sawi

Haluskan 1 sendok teh biji sawi yang telah dicuci bersih, kemudian seduh dengan setengah gelas air panas. Tambahkan 1 sdm madu, lalu aduk hingga benar-benar rata. Minum saat ramuan masih hangat-hangat kuku, dua kali sehari, 3 sdm sekali minum.

– Kunyit

Potong-potong 20 gram kunyit, 10 gram sambiloto kering dan 15 gram kulit delima yang telah dicuci bersih. Rebus ramuan dengan 800 cc air hingga air tersisa 300 cc. Saring, kemudian minum dua kali sehari. Tambahkan gula aren atau madu jika Anda tidak tahan rasa getirnya. Minum secara teratur.

Demikianlah tips mencegah dan mengobati keputihan dengan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat, Sobat! 😀

Advertisements